-->

Hiruzen Stream

Kelas virtual mata kuliah Botani (Biologi tanaman, Anatomi tumbuhan, morfologi tumbuhan dan sistematika tumbuhan tinggi), Biologi Control dan umum serta seputar teknologi informasi dan komunikasi (komputer, android, tutorial, software dan blogging)

hindari plagiasi karena ini mudah dichek !!!


Tugas memang terkadang sangat menyebalkan bag mahasiswa,, apalagi kalau tugasnya menyusun makalah, artikel atau karya tulis ilmiah lainnya termasuk skripsi, tesis ataupun juga disertasi. Langkah yang paling sering dambil mahasiswa atau siswa adalah menyusun karya tulis dengan mengandalkan kemampuannya surfer di dunia virtual/digital yang sudah tentu sangat erat kaitannya dengan koneksi internet.

Kehadiran internet bisa menjadi solusi dan sangat membantu proses penyelesaian tugas namun tak bisa dipungkiri bahwa pemanfaatan sumber informasi dari internet terkadang tidak disertai dengan etika penulisan atau pengutipan pustaka sehingga dengan seenaknya menyalin dan menyajikan data yang sudah ada dari artikel dan parahnya dari blog yang tidak jelas author dan keahlian/kualifikasi authornya sehingga sering menimbulkan permasalahan diantaranya informasi yang keliru, informasi miring bahkan sangat lekat dengan yang namanya plagiasi.. ada yang menyalin satu page penuh ada yang menyalih paragraf ada juga yang menyalin kalimat dengan hanya memadukan tanpa menggunakan teknik pengutipan yang benar.

Dalam postingan ini saya bagikan bagaimana mengukur tingkat plagiasi dari sebuah karya tulis ilmiah. Kali ini saya beri tutorial di salah satu situs penyelenggara test plagiasi.

Situs yang sering saya gunakan dan saya rekomendasikan adalah http://plagium.com sebenarnya masih banyak situs serupa seperti http://duplichecker.com atau lainnya.

Lagkah mengecek tingkat plagiasi suatu karya tulis ilmiah:
  • Siapkan file karya tulis yang akan di chek plagiasinya (buka file nya okeh!)

  •  Blok kemudian coppy paragraf demi paragraf karya tulis ini (saya sarankan per/paragraf sehingga hasilnya bisa lebih detail. 


  • Paste (ctrl+v) paragraf yang sudah dicoppy sebelumnya kemudian paste di kolom yang disedakan

  • Arahkan kursor ke tombol biru bertuliskan Quick Search

  • Tunggu prosesnya kemudian check di bawah menyajikan sumber yang memuat konten dan kontek yang sama kemudian  menunjukan persentasi plagiasi dari paragraf yang tadi dichek.







Demikianlah tutorial penggunaan situs plagium dalam mengechek tingkat plagiasi pada karya tulis.

Note :
  • Tugas dalam bentuk file lebih memungkinkan dichek tingkat plagiasinya

  •  Tugas dalam bentuk elektronik mail tidak membuat boros kertas (kalo ini paling listrik sama kuota heee) tapi filenya kalau ada salah bisa diperbaiki tanpa harus print out lagi

  • Lebih mudah deh pokoknya. Seandainya ada yang direvisi atau dikomen dalam setiap tulisan.. juga mudah menggunakan fitur komen yang ada pada ms. Office khususnya ms. Word.. mungkin kesempatan selanjutnya kita akan coba bahas tutorial membuat komen atau koreksi pada ms. Word. Tunggu aja mudah-mudahan nanti ga lupa heee

  • Sekian dari saya semoga menjadi perhatian bagi para mahasiswa atau siswa agar memanfaatkan situs internet dengan baik serta dalam membuat karya tulis harus menyertai dengan teknik pengutipan yang benar heee, catatan juga buat pendidiknya agar memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang plagiasi dan juga teknik pengutipan sehingga tidak dianggap sebagai karya hasil plagiat.

Terima kasih semoga bermanfaat:




Jangan lupa check dan suscribe channel youtube saya : biozone be-ozone okeh!!!



download video tutorial ini
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "hindari plagiasi karena ini mudah dichek !!!"