-->

Hiruzen Stream

Kelas virtual mata kuliah Botani (Biologi tanaman, Anatomi tumbuhan, morfologi tumbuhan dan sistematika tumbuhan tinggi), Biologi Control dan umum serta seputar teknologi informasi dan komunikasi (komputer, android, tutorial, software dan blogging)

Sehat itu mahal?





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Kesehatan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap insan, segala sesuatu yang dimakan, dikerjakan dan diharapkan akan terasa enak jika berada dalam kondisi fisik yang fit dan sehat. Kesehatan diri sangat dipengaruhi oleh  tingkat kesehatan lingkungan. Selain permasalahan lingkungan, banyak juga permasalahan yang menjadi pekerjaan pemerintah dalam menangani masalah kesehatan ini.
      Jika kita pikirkan secara seksama kesehatan bisa memiliki nilai yang berbeda jika dinilai dengan materi, sepintas sehat itu mahal dan sepintas terlihat murah.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka masalah yang dikaji, penulis rumuskan:
a.       Apa makna kesehatan bagi manusia?
b.      Apa saja yang mempengaruhi kesehatan lingkungan?
c.       Apa keterkaitan kesehatan lingkungan dengan kesehatan diri?
d.      Apa Pekerjaan rumah pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan?
C.    Tujuan Pembahasan
Mengacu pada rumusan masalah tersebut, maka penulis memiliki tujuan sebagai berikut.
a.       Mengetahui makna kesehatan bagi manusia?
b.      Mengetahui faktor yang mempengaruhi kesehatan lingkungan?
c.       Mngetahui keterkaitan kesehatan lingkungan dengan kesehatan diri?
d.      Mengetahui Pekerjaan rumah pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan?
D.    Metode Pengumpulan data
Karya tulis ini dalam pengumpulan data menggunakan metoda studi pustaka, yaitu pengumpulan data dengan mengacu pada artikel-artikel, koran, internet atau media lainnya. Metoda ini dianggap cocok karena mampu menyesuaikan dengan waktu dan biaya yang tersedia




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Makna Kesehatan
Kesehatan adalah  hak mendasar bagi masyarakat baik masyarakat golongan bawah, menengah maupun golongan atas. Kesehatan bisa dijadikan indikator tingkat kesejahteraan masyarakat pada suatu negara. Semakin tinggi tingkat kesehatan masyarakat semakin tinggi pula tingkat kesejahteraannya dan sebaliknya. Kesehatan diri sangat dipengaruhi oleh tingkat kesehatan lingkungan.
Masalah yang berkaitan dengan kesehatan dianggap sebagai masalah yang harus dikaji dan diperhatikan oleh semua pihak.
B.     Kesehatan Lingkungan
Kesehatan lingkungan masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat Indonesia. Ketidakpedulian masyarakat untuk kesehatan dan kebersihan lingkungan menjadi pemicu tumbuhnya bibit-bibit penyakit yang siap hinggap dan mengganggu kesehatan manusia. Kebiasaan buruk dan perilaku hidup tidak sehat juga ikut memberikan andil dalam menurunnya tingkat kesehatan diri. Komponen penyusun kesehatan lingkungan yang harus diperhatikan demi terpeliharanya kesehatan yang berimbas pada kesehatan diri adalah sebagai berikut.
a.       Air Bersih
Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Air minum yang bersih adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Air yang bersih adalah air yang tidak berwarna, berbau dan tidak berasa secara alamiah tanpa zat penambah warna, rasa ataupun aroma.
         Permasalahannya air bersih sulit ditemukan didaerah pekotaan karena air sudah terkontaminasi dengan limbah industri dan polutan yang sengaja dibuang ke daerah saluran air. Masyarakat yang hidup didaerah bantaran sungai dan sulit menemukan air bersih menggunakan air utuk keperluan pribadi berupa mandi, cuci, kakus, bahkan untuk masak dan minum dari satu saluran air yang sama.
         Keadaan ini bisa  menyebabkan orang yang mengkonsumsi air tersebut akan terganggu kesehatannya karena air tersebut mengandung berbagai bibit penyakit. Namun keterbatasan dan ketidaktersediaanya air bersih membuat perilaku ini terus berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

b.      Manajemen pembuangan kotoran/tinja
Metode pembuangan tinja yang baik akan membantu menjaga kesehatan lingkungan. Pembuangan kotoran/tinja harus selalu memerhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.      Tanah permukaan tidak boleh terjadi kontaminasi
2.      Tidak boleh terjadi kontaminasi pada air tanah yang mungkin memasuki mata air atau sumur
3.      Tidak boleh terkontaminasi air permukaan
4.      Tinja tidak boleh terjangkau oleh lalat dan hewan lain
5.      Jamban harus babas dari bau atau kondisi yang tidak sedap dipandang.
6.      Metode pembuatan dan pengoperasian harus sederhana dan tidak mahal.
Permasalahannya adalah ketika manusia dalam keadaan darurat atau dalam keadaan tertuntut untuk menyegerakan proses ekresi berupa tinja atau kotoran lainnya masih bisa terjadi dilakukan secara sembarangan, misalnya di hulu sungai, semak-semak atau bahkan di bawah pohon. Kejadian ini lumrah terjadi dan dianggap bukan suatu hal yang asing lagi bila di daerah yang kekuarangan air atau daerah yang tidak ditemukan toilet. Permasalahan lainnya adalah letak penyimpanan pembuangan tinja akhir (sepiteng) yang sangat dekat dengan sumber air berupa sumur. Keadaan ini menambah rentetan buruk dari kesehatan air karena tinja bersama airnya akan merembes dan bisa jadi mengkontaminasi air sumur dan air menjadi tidak sehat.
c.       Kesehatan wilayah Pemukiman
Kesehatan lingkungan dimana kita menetap atau bermukim harus diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap kesehatan diri. Secara umum rumah dapat dikatakan sehat apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
a.       Memenuhi kebutuhan fisiologis, yaitu : pencahayaan, penghawaan dan ruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisingan yang mengganggu.
b.      Memenuhi kebutuhan psikologis, yaitu : privacy yang cukup, komunikasi yang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah
c.       Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga, bebas vektor penyakit dan tikus, kepadatan hunian yang tidak berlebihan, cukup sinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran, disamping pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
d.       Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbul karena keadaan luar maupun dalam rumah antara lain persyaratan garis sempadan jalan, konstruksi yang tidak mudah roboh, tidak mudah terbakar, dan tidak cenderung membuat penghuninya jatuh tergelincir.
Permasalahan yang dihadapi adalah banya pemukiman yang didirikan di wilayah bantaran sungai dan wiayah kumuh lainnya seperti di pinggir rel kereta api. Wilayah ini sangat mengganggu terhadap kesehatan dan keselamatan diri penghuni pemukiman tersebut.
d.      Manajemen pembuangan sampah
Pola Pembuangan samapah sanagt diperlukan demi menjaga kesehatan lingkungan, prosedur dan mekanisme yang sehat akan berdampak baik bagi kesehatan dan sebaliknya. Teknik pengelolaan sampah yang baik harus memperhatikan faktor-faktor/unsur :
a.       Penimbulan sampah. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi sampah adalah jumlah penduduk dan kepadatanya, tingkat aktivitas, pola kehidupan/ tingkat sosial ekonomi, letak geografis, iklim, musim, dan kemajuan teknologi.
b.      Penyimpanan sampah.
c.       Pengumpulan, pengolahan dan pemanfaatan kembali.
d.      Pengangkutan
e.       Pembuangan
Permasalahannya masyarakat begitu mudah membuang sampah tanpa memperhatikan kesehatan lingkungan, sungai dan pinggiran jalan bisa menjadi tempat pembuangan sampah bagi mereka yang tidak memiliki rasa kepedulian terhadap kesehatan lingkungannya.
e.       Makanan dan Minuman
Makanan yang sehat adalah makanan yang memenuhi kebutuhan manusia akan nutrisi, dibuat oleh orang yang bersih, tempat pembuatan dan pemasarannya juga bersih dan sehat sehingga tidak berdampak negatif bagi kesehatan diri. Sasaran higene sanitasi makanan dan minuman adalah restoran, rumah makan, jasa boga dan makanmenuhi kebutuhan jajanan (diolah oleh pengrajin makanan di tempat penjualan dan atau disajikan sebagai makanan siap santap untuk dijual bagi umum selain yang disajikan jasa boga, rumah makan/restoran, dan hotel).
Persyaratan hygiene sanitasi makanan dan minuman tempat pengelolaan makanan meliputi :
a. Persyaratan lokasi dan bangunan;
b. Persyaratan fasilitas sanitasi;
c. Persyaratan dapur, ruang makan dan gudang makanan;
d. Persyaratan bahan makanan dan makanan jadi;
e. Persyaratan pengolahan makanan;
f. Persyaratan penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi;
g. Persyaratan peralatan yang digunakan.
Permasalahannya adalah masyarakat banyak yang tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan ada juga yang hanya memenuhi sebagaian saja dari nutrisi yang  dibutuhkan. Masalah lainnya adalah anak-anak yang suka jajan semabarangan yang tidak memperhatikan kesehatan makananan itu.

C.          Pengaruh Kesehatan Lingkungan Terhadap Kesehatan Diri
Tingkat kesehatan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri, jika tingkat kesehatan lingkungan buruk dan pola hidup sehat tidak diajalankan dengan baik maka tingkat kesehatan masyarakat akan menurun dan begitupun sebaliknya jika tingkat kesehatan lingkungan baik dan pola hidup sehatpun dijalankan dengan baik maka tingkat kesehatan diri akan meningkat.
Tingkat kesehatan lingkungan yang buruk akan menyebabkan munculnya bibit-bibit penyakit yang diakibatkan oleh rusaknya sistem pemelihara lingkungan yang mengakibatkan kontaminasi di setiap aspek dari komponen yang berperan dan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan


D.          Permasalahan Pelayanan Kesehatan Bagi Rakyat Miskin
Pemerintahah mempunyai kewajiban memelihara dan melindungi seluruh warga negara khususnya warga miskin. Salah satunya adalah dengan pemberian layanan kesehatan gratis bagi warga miskin. Sejak tahun 1997 pelayanan kesehatan bagi rakyat miskin telah dijalankan oleh pemerintah. Pelayanan ini meliputi pelayanan rawat jalan dan rawat inap di puskesmas, pelayanan rujukan rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit. Namun Pelayanan yang dilakukan pemerintah masih dilakukan setengah hati. Pamahaman program pelayanan hanya dipahami oleh si pengambil kebijakan, pemberi pelayanan kesehatan dan pengelola dana. Sementara kebutuhan riil bagi masyarakat miskin masih banyak yang terabaikan. Belum lagi jika dilihat dari kualitas pelayaan yang diberikan.
Selanjutnya pemerintah mencanagkan program jaminan kesehatan bagi warga miskin demi terjaminnya hak-hak warga  miskin terhadap memperolehnya kesehatan dan pelayanan kesehatan yang layak. Namun program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin pun tidak berjalan sesuai dengan harapan pengambil kebijakan, pelayanan kesehatan belum berjalan dengan semestinya.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
      Kesehatan adalah  hak mendasar bagi masyarakat baik masyarakat golongan bawah, menengah maupun golongan atas. Kesehatan bisa dijadikan indikator tingkat kesejahteraan masyarakat pada suatu negara. Semakin tinggi tingkat kesehatan masyarakat semakin tinggi pula tingkat kesejahteraannya dan sebaliknya. Kesehatan diri sangat dipengaruhi oleh tingkat kesehatan lingkungan.
Komponen penyusun kesehatan lingkungan yang harus diperhatikan demi terpeliharanya kesehatan yang berimbas pada kesehatan diri adalah sebagai berikut.
a.       Air Bersih
b.      Manajemen pembuangan kotoran/tinja
c.       Kesehatan wilayah Pemukiman
d.      Manajemen pembuangan sampah
e.       Makanan dan minuman yang sehat
Kesehatan lingkungan ini sangat berpengaruh bagi kesehatan pribadi, jika tingkat kesehatan lingkungan buruk dan pola hidup sehat tidak diajalankan dengan baik maka tingkat kesehatan masyarakat akan menurun dan begitupun sebaliknya jika tingkat kesehatan lingkungan baik dan pola hidup sehatpun dijalankan dengan baik maka tingkat kesehatan diri akan meningkat.
      Masalah kesehatan ini jadi tanggung jawab bersama tiap elemen masyarakat, masyarkat miskin pun memerlukan jaminan akan haknya memperoleh pelayanan kesehatan yang layak.
B.     Saran

                  Kesehatan terasa mahal ketika kita sakit. Begitu besar biaya yang kita keluarkan saat terkulai lemas, terbaring sakit mengaharapkan kesembuhan dan kesehatan. Namun kesehatan bisa terasa murah saat kita sehat sehingga kita begitu mudahnya membiarkan diri kita terjangkit penyakit. Oleh karena itu penulis menghimbau seluruh pembaca agar mampu menjaga kesehatan lingkungan dan kesehatan diri karena sehat itu indah.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Sehat itu mahal?"

Ingin sehat dengan cara alami dan bahan herbal kunjungi

https://www.facebook.com/herbaljoz/

This comment has been removed by the author. - Hapus

Nama: Sri Rahayu
nim : 2119130027
Kelas: 4A