Senin, 27 Februari 2012

Pendidikan sebagai Human Investment

Pendidikan memiliki keterkaitan dengan pembangunan nasional bangsa. Pembangunan bukan hanya berkaitan dengan bentuk fisik seperti bangunan gedung, jalan, rumah sakit atau bandara. Pembangunan memiliki jangkauan yang lebih luas yaitu pembangunan manusia sebagai aktor Pembangunan itu sendiri. Dalam hal ini pembangunan bertugas menyiapkan manusia masa depan untuk menjalankan pembangunan di masanya nanti.
Sesuai dengan apa yg terjadi dalam investasi bahwa "semakin banyak investasi yang kita lakukan maka hasilnya akan semakin banyak, dan semakin besar resiko yang diambil akan menghasilkan keuntungan yg lebih besar."
Seseorang yang memiliki taraf Pendidikan lebih tinggi akan mendapatkan begitu banyak reward baik dari masyarakat maupun negara, Pegawai negeri yg sarjana akan mendapatkan gaji lebih tinggi daripada diploma begitupun seorang Magister akan lebih tnggi daripada sarjana dan begitu seterusnya.
Biaya pendidikan yg dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di tingkat yg lebih tinggi akan lebih tinggi pula daripada pendidikan sebelumnya. Biaya Pendidikan yg dikeluarkan itu merupakan bentuk awal investasi pendidikan dalam bentuk manusia yg diharapkan apa yg dikeluarkan sebagai biaya pendidikan dapat terganti setelah masuk dunia kerja. besarnya investasi yg dilakukan di dunia pendidikan membawa seserang ke derajat tertinggi dipandangan dunia sosial.
Jika ada yang menempuh pendidikan dan meraih titel pendidikan di sebuah sekolah tinggi lanjutan (baik universitas, Sekolah Tinggi, lainnya) dengan besaran biaya yang lebih besar akan ikut pula menentukan kualitas orang tersebut karena fasilitas dan proses pendidikannya akan lebih baik.
tetapi semuanya ada pengecualian loh.... jangan sampai anda minder yg menuntut ilmu di perguruan tinggi Swasta yg bentuk investasinya di bawah Perguruan Tinggi Negeri, yang mendapatkan  beasiswa dimanapun perguruan tinginya jangan mengeluh dan menganggap anda tidak berinvestasi.

Jika anda masih punya  Iman akan berpikir ulang dan tidak hanya berkaca pada investasi berupa Uang saja tapi juga berinvestasi berupa pemikiran, berinvestasi kepada Allah dan berinvstasi waktu jauh lebih besar pengaruhnya daripada Uang. buktinya ada lulusan PT swasta murah yg lebih sukses dari lulusan PT Negeri Favorit atau PT Swasta yg lebih mahal, ada yg kuliahnya menggunakan beasiswa lebih sukses daripada yg bayar uang lebih besar.
Bentuk Investasi waktu dan Investasi kepada Allah dapat dilakukan dengan berinvestasi berupa shalat sunnah, shaum sunnah dan Sodaqah. dalam menjalankan investasi itu begitu banyak waktu yang kita investasikan kepada Allah dan setidaknya waktu yang kita lalui lebih bermakna dan bermanfaat.

download materi Pendidikan dan Pembangunan serta keterkaitannya..??
klik pict di bawah ini



Semoga informasi yang singkat ini tetap bermakna dan memberikan manfaat yang luas


feri barca

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar